latest Post

Download Buku Soekarno - Indonesia Menggugat


Menyambut hari lahir Bung Karno yang diperingati pada tanggal 6 Juni kemarin, Pancarobaku ingin mengajak sobat semua untuk menilisik kembali sejarah bangsa kita ini. Bukan tentang siapa yang paling Pancasila atau siapa yang paling Indonesia, namun tentang kerelaan hati untuk mengabdi dan mencintai bangsa ini. Jujur, mimin terenyuh ketika membaca pembelaan-pembelaan Bung Karno yang ada di buku ini. Tak terbayang bagaimana jadinya jika kita hidup di zaman tersebut. Jadi, tunggu apa lagi? Kita baca dan pahami ebook nya yuk!

Judul: Indonesia Menggugat
Penulis: Soekarno
Penerbit: Departemen Penerangan Indonesia
Terbit: 1961
Jumlah hlm.: 140 hlm
Ukuran: 2438 kb
Format: .pdf

BLURB



Indonesia Menggugat adalah pidato pembelaan yang dibacakan oleh Soekarno pada persidangan di Landraad, Bandung pada tahun 1930. Soekarno bersama tiga rekannya, yaitu Gatot Mangkupraja, Maskun, dan Supriadinata yang tergabung dalam Perserikatan Nasional Indonesia (PNI) dituduh hendak menggulingkan kekuasaan Hindia Belanda. Dari balik jeruji penjara, Soekarno menyusun dan menulis sendiri pidato tersebut. Isi pidato Indonesia Menggugat adalah tentang keadaan politik internasional dan kerusakan masyarakat Indonesia di bawah penjajah. Pidato pembelaan ini kemudian menjadi suatu dokumen politik menentang kolonialisme dan imperialisme.


Dalam buku ini pula menyertakan beberapa bab antara lain :
  • Imperialisme dan Kapitalisme
  • Imperialisme di Indonesia
  • Pergerakan di Indonesia
  • Partai Nasional Indonesia
Tuan-tuan Hakim yang terhormat! Oost-Indische Compagnie mengocar-ngacirkan rumah tangga Indonesia, cultuurstelsel mengocar-ngacirkan rumah tangga Indonesia. Tuan-tuan barangkali bisa juga lantas mempunyai pikiran: 

"Benar VOC dan cultuurstelsel jahat, benar VOC dan cultuurstelsel memasukkan rakyat Indonesia ke dalam 27 kesengsaraan dan kehinaan, tetapi buat apa membongkar-bongkar hal-hal yang sudah kuno?"

Betul Tuan-tuan Hakim, kejahatan VOC dan kejahatan cultuurstelsel adalah kejahatan kuno, tetapi hati-nasional tak gampang melupakannya.

"Ingatan orang kepada kelaliman yang dideritanya lama hilangnya; kelaliman yang orang lakukan, lekas lupa olehnya,"


Silakan download ebook gratisnya DI SINI

Baca juga 
Novel bernuansa New York Ilana Tan - In a Blue Moon
Novel bernuansa Korea Bianca Sastra - Reality
Novel bernuansa Jepang Winna Efendi - Tomodachi


Download ebook gratis dan selamat menikmati kawan. Ini hanyalah review, belilah buku aslinya dan nikmati karya penulisnya dengan cerdas. Terima kasih sudah berkunjung.



sumber gambar :  dokumen pribadi

About Ruli Rukmana Sakti

Ruli Rukmana Sakti
Hanya rakyat jelata yang masih berusaha menuju sukses.
Quid Leges Sine Moribus
www.pancarobaku.com
Recommended Posts × +

0 komentar:

Post a Comment