Download Buku Pramoedya Ananta Toer - Arus Balik



Identitas Buku
Judul : Arus Balik
Penulis : Pramoedya Ananta Toer
Penerbit : Hasta Mitra
Terbit : Pertama, Agustus 1995
Jumlah hlm. ebook : 1196 hlm
Format : .pdf
Ukuran : 2.574 kb


Resensi Ebook


Seperti biasa Pramoedya selalu ‘menyentak’ para pembaca dengan karya-karyanya yang legendaris. Arus Balik menjadi satu contoh bagaimana ia bercerita tentang sejarah nusantara yang pernah berjaya sebagai peradaban maju diantara negeri-negeri di dunia lewat kejayaan Majapahit. Lewat jalur kemaritiman lah Majapahit dapat bercerita bagaimana sebuah kejayaan atas negeri Atas Angin dapat dikuasai dengan tersebarnya pengaruh, citra, budaya, dan perdagangan. Hal ini digambarkan oleh Pram dengan arus yang bergerak dari penjuru selatan (Nusantara) ke arah utara (Atas Angin). Hal ini terus berlangsung ketika Majapahit dapat menguasai perairan nusantara dengan kegagahan armada maritimnya yang dipersenjatai cetbang yang terkenal kemahsyurannya serta kesatuan nusantara atas sumpah palapa yang terkenal dari mahapatih gajah madanya. Namun segala kejayaan tersebut perlahan runtuh ketika majapahit hancur karena kerusakan dari pemberontakan-pemberontakan yang terjadi di dalamnya. Hal ini menyebabkan kemerosotan hingga memutar balikan keadaan nusantara menjadi alas kaki negeri atas angin. Hal ini digambarkan oleh Pram dengan berubahnya arus dari selatan ke utara menjadi utara ke selatan.

Dalam novel sejarah ini kita diajak menyelami bagaimana kesusahan yang terjadi ketika nusantara terpecah belah menjadi kerajaan-kerajaan kerdil dan kapal-kapal majapahit yang mahsyur karena megahnya ikut mengecil mengikuti mengerdilnya kerajaan-kerajaan yang ada. Pembaca pada awal mula dibawa menuju pedalaman Tuban yang menjadi tempat utama berjalannya cerita Arus Balik ini.

Dikisahkan seorang bijak bernama Rama Cluring yang berkelana berkeliling desa untuk bercerita tentang kemahsyuran Majapahit dengan kapal-kapalnya serta cerita arus selatan-utara mendatangi sebuah desa bernama Awis Krambil. Dalam ceritanya ia mengutuk tentang perpecahan yang menjadikan Majapahit runtuh dan berbaliknya arus menjadi selatan-utara. Karena pengaruh kekuasaan Tuban dan ketakutan penduduk desa akan prajurit-prajurit Tuban, cerita Rama Cluring dianggap mereka sebagai satu malapetaka yang akan membuat desa mereka dihancurkan oleh para prajurit Tuban. Maka Rama Cluring dikucilkan oleh penduduk desa dan diusirnya dari desa Awis Krambil. Namun ada sepasang muda yang setia mendengarkan Rama Cluring, mereka adalah Galeng dan Idayu, yang kelak akan menjadi tokoh utama dalam cerita ini. Galeng adalah pemuda desa yang ahli dalam bergulat, bahkan telah memenangi kejuaran gulat yang diadakan kerajaan Tuban. Idayu tak kalah hebat, ia adalah pemegang juara bertahan penari seantero Tuban, konon tak ada yang bisa mengalahkannya dalam hal menari maupun kecantikan, seantero Tuban!

Singkat cerita Galeng dan Idayu kembali mengikuti kejuaraan gulat dan tari di Tuban mewakili desa Awis Krambil. Kemenangan ditangan mereka dan mereka dihadiahi pernikahan mewah oleh kerajaan Tuban. Sekaligus Galeng diterima sebagai pegawai kerajaan Tuban untuk mengurusi adipati Tuban.

Galeng diamanahi sebagai syahbandar-muda membantu Thalib Sungkar Az-Zubaid, peranakan Moro, Syahbandar Tuban menggantikan Rangga Iskak. Rangga Iskak kelak setelah terusir dari Tuban menjadi Kiai Benggala atau Sunan Rajeg, pemberontak Tuban yang berambisi membalas dendamnya pada Tuban karena telah mengusirnya dari Kesyahbandaran. Idayu mengikuti suaminya tinggal dalam Kesyahbandaran bersama syahbandar Tuban. Pada cerita ketika Galeng meninggalkan idayu untuk menumpas pemberontakan oleh Sunan Rajeg, syahbandar Tuban, Thalib Sungkar Az-Zubaid, membius idayu dan menyetubuhinya hingga Idayu mengandung. Hal ini diketahui Galeng dan membuat Idayu hina diri hingga meminta suaminya untuk membunuh ia dan bayi yang lahir dari rahimnya. Namun karena cinta Galeng pada Idayu akhirnya ia tidak membunuh istrinya melainkan merawat anak itu hingga besar.

Ketika Galeng sedang berusaha menumpas pemberontakan Sunan Rajeg, terjadi kegaduhan yang menyebabkan ia membunuh Senapati Tuban dan mengikrarkan dirinya sebagai Senapati Tuban yang baru. Atas kecerdikannya dalam berperang melawan pemberontak Sunan Rajeg akhirnya ia dapat menumpas pemberontakan tersebut.
Silakan download ebook gratisnya DI SINI


Download ebook gratis dan selamat menikmati kawan. Ini hanyalah review, belilah buku aslinya dan nikmati karya penulisnya dengan cerdas. Terima kasih sudah berkunjung.




sumber gambar dan kutipan : http://kartasasmitablog.blogspot.com/2017/01/arusbalik-penulis-pramoedya-ananta-toer.html
Download Buku Pramoedya Ananta Toer - Arus Balik Download Buku Pramoedya Ananta Toer - Arus Balik Reviewed by Pancarobaku on July 23, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.