Download Novel Ahmad Fuadi - Ranah 3 Warna




Judul : Ranah 3 Warna
Penulis : Ahmad Fuadi
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit : 2011
Jumlah hlm : 495 hlm
Ukuran : 1.704 kb
Format : .pdf



Ringkasan



Novel Ranah 3 Warna ini menceritakan tentang kesungguhan seseorang yang ingin membuktikan kepada semua orang bahwa ia bisa menggapai apa yang ia inginkan, walaupun orang lain memandangnya sangat mustahil akan terjadi. Itulah yang terjadi pada tokoh Alif pada novel ini, yang diceritakan bahwa ia benar-benar ingin menjadi Habibie dan sekolah di Amerika seperti cita-citanya waktu masih sekolah di MTs N bersama Randai temannya. Ia bertekad akan segera kuliah walaupun harus mengikuti ujian persamaan SMA untuk mendapatkan ijazah, karena di PM (Pondok Madani) tidak mengeluarkan ijazah SMA, setelah itu barulah bisa untuk mengikuti ujian UMPTN. Ia kerahkan seluruh usaha agar mendapatkan hasil yang terbaik. Dan pada akhirnya perjuangannya tidak sia-sia sehingga ia lulus dan masuk Universitas Padjadjaran di Bandung jurusan Hubungan Internasional, walau bukan Teknik Penerbangan ITB yang ia inginkan, tetapi dari Universitas itulah kesuksesannya berawal.

Selama kuliah di Bandung ia mengalami berbagai macam masalah, seperti minimnya uang bulanan, tidak punya uang lebih untuk membeli buku, ditambah lagi saat Ayahnya meninggal dunia karena sakit. Alif sempat berpikir akan berhenti kuliah dan pulang kampung membela ibu dan adik-adiknya, akan tetapi ia sempat berfikir setelah mengingat perjuangannya untuk lulus UMPTN dan juga setelah mengingat nasihat terakhir ayahnya untuk terus melanjutkan keinginannya. Segala masalah yang datang, ia hadapi dengan lebih tegar dan sabar, sehingga ia pun teringat sesuatu yang telah ia pelajari di PM "Man Shabara Zhafira" yang artinya siapa yang sabar akan beruntung. Dan akihirnya untuk mengatasi kesulitan perekonomiannya ia berusaha mencari pekerjaan agar dapat menghasilkan uang tambahan untuk keperluan kuliahnya dan ingin mengirim uang kepada ibu dan adiknya di kampung, karena dia tidak mau membuat ibunya mati-matian banting tulang hanya untuk dirinya.

Tidak lama setelah ia mendapat pekerjaan, namun pekerjaan itu tidak berlangsung lama, karena Alif sempat menderita sakit tipus selama 1 bulan, sehingga pekerjaan tersebut tertunda, akhirnya ia beralih menjadi penulis yang kebetulan ia menemukan seorang guru yang sangat pandai dalam urusan menulis dan juga merupakan Pimpinan Redaksi Kutub yaitu Bang Togar. Ia pun berusaha agar bisa menjadi muridnya. Perjuangan yang dilakukan oleh Alif tidak sia-sia, setelah banyak coretan-coretan pada kertas yang berisi tulisan hasil karyanya tersebut, akhirnya tulisannyapun dapat dimuat di majalah kampus dan berlanjut sampai ke Koran Manggala. Melalui menulis itulah ia mendapat hasil yang lebih baik, sehingga ia bisa mengirim uang ke ibunya. 

Keinginannya untuk belajar ke Benua Amerika akhirnya berhasil melalui program pertukaran pelajar yang ia ikuti dan memilih Kanada sebagai negara yang ingin ia kunjungi, disana terjadi proses pembelajaran melalui pekerjaan yang di berikan kepada masing-masing mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti program tersebut, mereka juga akan tinggal bersama orang tua angkat masing-masing di sana. Alif sangat terkesan terhadap negara tersebut, dan ia tiba di rumah mendapati Mado dan Franc (orang tua angkat Alif di Kanada). Pada suatu hari mereka mendapat surat bahwa program pertukaran pelajar hanya tinggal 2 minggu lagi untuk mahasiswa itu tinggal di sana, Alif yang mendengar kabar tersebut juga ikut sedih dan berjanji terhadap ke dua orang tua angkatnya itu bahwa ia akan kembali lagi. Beberapa tahun berlalu, tidak disangka setelah 11 tahun kemudian, Alif menepati janjinya untuk kembali lagi ke Kanada kepada orang tua angkatnya dan pada saat itu juga ia didampingi oleh istrinya.

Silahkan Download Novel Ranah 3 Warna GRATIS DI SINI

Download ebook gratis dan selamat menikmati kawan. Ini hanyalah review, belilah buku aslinya dan nikmati karya penulisnya dengan cerdas.







Sumber Ebook :
http://pustaka-indo.blogspot.com
Sumber Gambar :
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTCrbZsCBIF-6wcktriDf8pmEXCsh9flWL6lVjfqSDMxdzD_w0WMw
Sumber Resensi :
http://kokohreynard.blogspot.com/2014/02/resensi-novel-ranah-3-warna.html

Download Novel Ahmad Fuadi - Ranah 3 Warna Download Novel Ahmad Fuadi - Ranah 3 Warna Reviewed by Pancarobaku on July 20, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.