Alur PMB Universitas Diponegoro #1


Halo, Sobat. Gimana kabar? Semoga selalu sehat dan sejahtera selalu, ya. Aamiin. Yaps, kali ini mimin hadir kembali membawa informasi mengenai alur kegiatan penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro yang semoga bermanfaat bagi, Sobat. Bukan tanpa alasan mimin memposting artikel ini, semata-mata agar Sobat (yang pingin tahu atau juga yang nggak pingin tahu hehe) bisa punya gambaran tentang PMB di Undip.

Oke deh, langsung ke tkp ....

1. Masuk grup maba di Line

Guna mempermudah perolehan informasi lebih lanjut mengenai apa saja yang harus dilakukan  setelah buka buka pengumuman seleksi ujian dan dinyatakan lulus, adalah dengan masuk grup maba di Line. Kenapa Line? Karena banyak fiturnya hehe. Sepeti notes, ada timeline, dsb. Dan juga karena sebagaian besar mahasiswa menggunakan aplikasi itu sebagai media sosial komunikasi. Atau kalau nggak, pantengin dulu akun resmi instagram BEM untuk link grup maba di Line.

2. Registrasi online

Yang paling penting, nih. Registrasi online. Hukumnya wajib bagi mahasiswa baru dan juga mahasiswa lama setiap akan memulai semester baru. Diisi dengan tenang, jangan panik, kalau tidak tahu tanyakan pada kaka tingkat (kating), awali dulu dengan berdoa biar diperlancar sama Allah SWT.

3. Melengkapi berkas-berkas yang diperlukan untuk menentukan besar UKT

Nah, berkas-berkas ini bisa sobat unduh di website resmi Biro Administrasi Akademik Undip di bagian tab Download. Jadi, pada saat regis online kan, sobat pertama harus menentukan jenis UKT: langsung golongan 7 atau golongan 1-6. Kalau sobat pilih golongan 7, sobat tidak perlu melengkapi berkas pendukung UKT karena udah otomatis dapat UKT golongan 7. Tapi, kalau pilih golongan 1-6, sobat harus melengkapi dan mengirim berkas pendukung UKT. Kalau, sobat ikut Bidikmisi, nggak perlu kirim berkas pendukung UKT, karena kan nanti UKT udah disubsidi dari pemerintah.
Oh, iya. Sedikit tips, karena UKT itu ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua jadi, kudu hati-hati banget kalau nggak kepingin dapat UKT tinggi. Hohoho.

4. Menunggu pengumuman UKT

Setelah mengirim berkas pendukung, tinggal tunggu hasilnya sambil berdoa. Selama itu juga jangan lupa aktif cek OA BEM fakultas, univ, HMJ, biar nggak ketinggalan pengumuman terkait jadwal tes kesehatan dan atribut ODM (Orientasi Diponegoro Muda).

5. Membayar UKT

Yaps, bayar UKT. Ada jangka waktu untuk bayar UKT-nya. Kalau mimin, SBM kemaren 3 hari, terhitung 2 hari setelah pengumuman. Kalau SNM lumayan lama, lebih dari 3 hari, sih. Kalau UM, wah bener-bener super mepet apa-apanya kalau UM :'). Nah, jadi biar orang tua sobat nggak gugup buat persiapan uangnya, saran mimin, sobat paling nggak kudu bisa memperkirakan akan dapat UKT golongan berapa. Ingat,  UKT ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua.

Nah, itu dia rangkaian pra-verifikasi yang wajib banget sobat tuntaskan ketika resmi jadi camaba Undip. Buat kelanjutannya bisa dicek di Alur PMB Undip #2.

Terima kasih sudah berkunjung.
Happy weekend ^^
Alur PMB Universitas Diponegoro #1 Alur PMB Universitas Diponegoro #1 Reviewed by Irma Chan on August 24, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.