Alur PMB Universitas Diponegoro #2

Halo, Sobat. Gimana kabar? Semoga sejahtera selalu dan jangan lupa bersyukur, ya.

Setelah kemarin mimin posting Alur PMB Undip #1 atau apa aja yang Sobat lakukan sebelum verifikasi fisik ke Undip-nya, sekarang kita masuk ke Alur PMB Universitas Diponegoro #2. Cusss....

Oh iya, sekali lagi, bukan tanpa alasan mimin posting artikel macam ini, ya. Semata-mata agar Sobat (yang pengin tahu atau yang nggak pengin tahu juga hehe) bisa punya gambaran tentang PMB Undip.



Jadi....

1. Cari kosan

Hah? Yups, setelah bayar UKT, disarankan banget kalian langsung cari kosan di sekitar kampus. Karena dengan begitu kalian bisa punya banyak rekomendasi harga dan jenis kosan. Terutama buat yang keuangannya pas-pasan macam mimin, pengin yang 450 ribu per bulan (udah ada meja, kasur+ranjang, almari, listrik, air), dan nggak pengin dapet kos eksklusif. Biasanya kos yang dekat kampus relatif mahal. 550 ribu standarnya lah, tapi ada juga kok, yang under 550 ribu.

Oh iya, Undip juga menyediakan rusunawa. Harganya bervariasi, menyesuaikan fasilitas tentunya.
Keuntungan dapat kosan lebih awal, selain bisa dapat harga yang sesuai harapan, juga jadi nggak bingung lagi masalah transit pas masa-masa verifikasi, meskipun juga ada penginapan hehehe ....

2. Cek kesehatan

Cek kesehatan ke RSND Undip. Membawa uang pendaftaran, fotocopy KTP, bolpoin, map, apa lagi ya .... ya pokoknya itu. Pertama lihat nomor antrean di papan pengumuman, lalu minta slip pendaftaran ke kakak Menwa, abis ngisi slip terus antre bersama maba lain di tempat yang telah disediakan. 

Sambil menunggu panggilan, bisa kenalan dengan sesama maba biar nggak sendirian dan gabut. Tes kesehatan pertama ukur tensi, lalu tes fisik (cuma distetoskop), lalu cek mata, lalu urine, abis itu antre lagi buat ambil hasil cek kesehatan. Selesai deh.

3. Verifikasi fisik

Verifikasi fisik dilakukan dengan datang langsung ke Undip. Dulu mimin di Gedung Prof. Soedarto, S.H. Sarankan datang lebih awal biar antrenya nggak lama banget. Pertama kalian harus mendaftar BPJS (bagi yang belum punya faskes, kalau yang udah tinggal urus pindah faskes), lalu masuk ke ruang verifikasi. 

Setelah dapat map dan nomor antrean, duduklah di kursi antrean sambil kenalan dengan sesama maba wkwk. Setelah verifikasi, masuk ke ruang ganti buat ambil almamater, baju OR, topi, dan buku PMB. Setelah itu foto buat KTM dan selesai ....

Sebenarnya belum selesai banget, sih. Kadang ada stand himpunan mahasiswa jurusan (HMJ), jadi kalian bisa banget mampir buat tanya-tanya seputar PMB, organisasi, dsb.

4. First gathering

Ini optional, tiap jurusan. Tapi, kebanyakan sih, ngadain first gath buat ajang kenalan (ajang cari gebetan juga boleh banget). Dan biasanya ada kating datang buat cerita-cerita tentang perkuliahan.

5. Persiapan ODM

Nah, ini adalah masa-masa paling rempong buat maba. Biasanya pengumuman atribut apa aja yang musti dibawa dan dipakai selama ODM keluar setelah pengumuman jalur SBM dan UM. Waktu ini syukur mimin masih di rumah, jadi nggak bingung dan keteteran banget cari atributnya. 

Disuruh bikin co-card (tapi kemaren FK dari panitia -,-), siapkan kemeja putih, rok hitam (buat cewek), celana hitam (buat cowok), dasi, kaus kaki hitam dan putih, pantofel hitam atau sejenisnya, sabuk hitam, kerudung hitam dan putih, pin merah putih, apa lagi ya .... lumayan banyak pokoknya wkwk. Nikmati saja. Sans ....

Oh iya, selama ngumpulin atribut ODM, mulai siapin juga barang-barang yang mau dibawa pindahan ke tempat tinggal dan kehidupan baru, eaaa .... Pastikan udah buka rekening, ya. Jadi, transaksi keuangan dengan orang tua gampang.

*ps: kalau mau buka rekening Mandiri, disarankan banget buat buka di cabang Tembalang. Karena ada fasilitas khusus buat mahasiswa Undip. Cukup bawa fotocopy KK dan KTP huehehehe

6. ODM

Yuhuu~ ODM i'm coming. Kegiatan ospek ini berlangsung selama tujuh hari. Hari pertama, upacara pembukaan di stadion Undip abis itu pulang. Hari kedua sampai hari ketujuh, ada ODM fakultas yang dilakukan di fakultas masing-masing. 

Masa-masa ODM ini wajib banget dijadiin ajang kenalan sama teman-teman, biar nanti pas aktif kuliah nggak berasa sendirian huhuhu. Karena ada peraturan Dekan yang nggak memperbolehkan perploncoan, jadi aman. Over all, have fun aja, sih ODM mimin kemaren. Buat yang penasaran gimana acaranya bisa cek di official account Instragram ODM Unidip.

Yaps, begitulah kira-kira rangkaian PMB Undip 2018. Nggak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Terima kasih sudah menyimak, mohon maaf bila ada kekeliruan, mimin masih manusia.
Tetap semangat, Sobat!

0 Response to "Alur PMB Universitas Diponegoro #2"