_____

Sunday, 30 September 2018

Download Buku Tan Malaka - Bapak Republik yang Dilupakan (Majalah Tempo)



Identitas Buku



Judul : Tan Malaka, Bapak Republik yang Dilupakan
Penulis : Tim Edisi Khusus Tan Malaka (Majalah Tempo)
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia
Jumlah hlm. ebook : 97 hlm
Format : .pdf
Ukuran : 840 kb
Via : Google Drive




Prakata



Ibrahim Datuk Tan Malaka ialah Bapak Bangsa yang memberikan konsep "Republik Indonesia" bagi Hindia-Belanda yang bakal merdeka. Namun, serdadu dari negeri yang ia bela pulalah yang membunuhnya di Selopanggung, Jawa Timur.

Buku ini berisi reportase Majalah Mingguan TEMPO mengenai Tan Malaka dari berbagai sisi, mulai pemikiran, petualangan ke berbagai negara, sampai asmara yang bertepuk-sebelah tangan.

Seri TEMPO Bapak Bangsa ini merupakan bagian seri-seri reportase TEMPO lain mengenai para pendiri Republik Indonesia.

Opini Pancarobaku

Sejauh mana sobat mengenal sosok Tan Malaka? Mungkin ketika sobat pernah membaca karya beliau entah itu Madilog atau Massa Aksi sobat akan mengerti mengapa Tan Malaka menjadi salah satu tokoh yang berpengaruh bagi negeri ini. 

Dapat dikatakan bahwa beliau merupakan sosok yang lengkap dari segala sisi. Dan di dalam buku ini dikupas beberapa hal yang berkaitan dengan kehidupan beliau.

Sungguh, pertama kali saya membaca buku ini, saya rasa buku ini tidak terlalu mengandung kata-kata yang sulit untuk dipahami. Bahkan cenderung ringan bagi newbie seperti saya. Ada rasa bangga sekaligus penasaran ketika membaca buku ini. 

Siapa sangka, bangsa kita memiliki seseorang yang melebihi Che Guevara dalam perjalanan yang ditempuhnya. Sekaliber Bung Karno pun mengakui bahwa Tan merupakan sosok pemimpin revolusi yang disegani.

Beliau seorang Marxis, tapi sekaligus nasionalis. Beliau seorang yang mempelajari banyak hal tentang komunisme namun siapa sangka masa kecilnya adalah seorang Hafidz. Hayoloh, berbeda dengan keadaan negara kita saat ini bukan? 

Mari kita pupuk literasi kita kembali, ambil pelajaran dari pengalaman yang sudah sangat kaya milik bangsa ini. Bukankah itu tidak merugikan?

Ada beberapa informasi yang baru saya ketahui ketika membaca buku ini. Dan memang akan sangat membantu sobat untuk memahami beberapa peristiwa sejarah yang kosong dan seakan hilang. Lalu, tunggu apa lagi? 

Mari kita sama-sama mengenal sosok dari negeri ini. Sosok yang mungkin tidak tergantikan dan akan selalu menjadi bagian yang paling membanggakan dari perjalanan negeri ini. Silahkan menikmati.



***


Silakan download ebook gratisnya DI SINI



Download ebook gratis dan selamat menikmati kawan. Ini hanyalah review, belilah buku aslinya dan nikmati karya penulisnya dengan cerdas. Karena bagaimana pun, menikmati suatu karya tulisan lebih nikmat jika membaca langsung dari bukunya. Jika ada hal yang ingin disampaikan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung.
---


sumber artikel :
https://www.goodreads.com/book/show/9354111-tan-malaka
https://gudangbacabuku.blogspot.com/2018/03/bapak-republik-yang-dilupakan-tan-malaka.html

No comments:

Post a Comment