Download Buku Tan Malaka - Gerpolek (Gerilya, Politik, Ekonomi)



Identitas Buku



Judul : Gerpolek (Gerilya, Politik, Ekonomi)
Penulis : Tan Malaka
Penerbit : Djambatan
Tahun : 1948
Jumlah hlm. ebook : 110 hlm
Format : .pdf
Ukuran : 445 kb




Prakata


Ternyata kekhawatiran tentang ekonomi yang "menjajah" bangsa sudah diperkirakan Tan Malaka, sehingga buku ini tercipta. Pada masa buku ini dibuat, Indonesia dalam keadaan membangun bangsa. Perbaikan, pembangunan dalam berbagai sektor, terutama segi ekonomi dan politik, diganyangkan ke seluruh Indonesia. 

Namun, agresi militer Belanda menghambat semua itu dengan tujuan merebut kembali Indonesia sebagai negara jajahannya. Buku ini menggambarkan bahwa perang akibat agresi ini bukan hanya milik para tentara saja, tetapi seluruh rakyat. 

Perang yang bukan hanya sekedar perang fisik, tetapi juga hal kemandirian dalam membangun bangsa. Dalam buku ini, Tan Malaka menghimbau seluruh rakyat Indonesia agar tidak bergantung pada bangsa lain.



Opini Pancarobaku

Apa yang sebenarnya dibahas dalam buku Gerpolek ini? Ketika saya membaca buku ini, walaupun tidak mendalam dan malah seakan hanya sekilas, namun memuat banyak hal tentang strategi  "berperang" pada masa itu. Dan mungkin tidak menutup kemungkinan juga tetap relevan dengan kondisi saat ini. 

Di dalam buku ini juga memuat beberapa hal tentang jenis-jenis perang, bagaimana taktik berperang dan seluk beluknya. Di mana dalam perjalanannya perang itu sendiri dapat dibagi menjadi dua garis besar yaitu perang penindasan dan perang kemerdekaan.

Lalu, Tan coba menelisik bahwa perang yang ada di Indonesia ini adalah termasuk perang yang mana? Bagaimana taktik yang diterapkan kala itu? Sungguh menarik bukan?

Pada bab ke VI juga dibahas tentang anasir perang. Ada empat poin penting yang dikupas tuntas di buku ini. Yang nantinya masuk juga anasir perang tadi ke dalam berbagai macam syarat-syarat perang. Ada beberapa hal juga yang dibahas terkait dengan perbedaan antara siasat perang dengan politik.

Selain mendalami tentang Perang Gerilya, kita juga disuguhkan dengan Perang Politik Diplomat. Yang mungkin walaupun hanya sekilas, namun buku ini bagi saya memberikan informasi dasar yang sangat penting bagi kita untuk menambah wawasan tentang taktik, siasat, maupun strategi.

Pada bagian akhir dari buku, dibahas juga tentang adanya Perang Ekonomi. Lengkap sudah dari sisi gerilya, politik dan ekonomi dibabat habis dalam buku ini. Dan Tan pula sempat menyinggung tentang UNO. Di mana akan adanya satu organisasi di dunia. 

Waw, sangat menarik bukan? Bagaimana pembahasannya? Apa saja yang termasuk di dalamnya? Bagaimana taktiknya? Sobat dapat mendapatkan jawabannya ketika membaca buku ini sampai tuntas habis.

Saya harap sobat dapat menikmatinya dan mulai terbuka dengan hal-hal yang mungkin baru atau bisa jadi bahkan sobat malah sudah terbiasa dengan bahasan buku seperti ini? 

Tapi jujur bagi saya, buku Gerpolek ini tidak memiliki kadar bahasa yang sulit dipahami. Bahkan sangat mengalir untuk dibaca karena menyertakan beberapa contoh fakta sejarah di dalamnya. Selamat membaca sobat!!




***


Silakan download ebook gratisnya DI SINI



Download ebook gratis dan selamat menikmati kawan. Ini hanyalah review, belilah buku aslinya dan nikmati karya penulisnya dengan cerdas. Karena bagaimana pun, menikmati suatu karya tulisan lebih nikmat jika membaca langsung dari bukunya. Terima kasih sudah berkunjung. Jika ada saran, kritik maupun request tentang buku apapun silahkan bisa hubungi kontak kami yang sudah disediakan. 

---


sumber artikel :
https://www.goodreads.com/review/show/463862064

0 Response to "Download Buku Tan Malaka - Gerpolek (Gerilya, Politik, Ekonomi)"