_____

Thursday, 8 November 2018

Download Buku Karl Marx dan Frederick Engels - Keluarga Suci atau Kritik Atas Kritik yang Kritikal



Identitas Buku



Judul Asli : The Holy Family atau Critique of Critical Critique
Judul Indonesia : Keluarga Suci atau Kritik Atas Kritik yang Kritikal
Penulis : Karl Marx dan Frederick Engels
Alih Bahasa : Oey Hay Djoen
Editor : Edi Cahyono
Terbitan : Foreign Languages Publishing House
Ukuran : 1.393 kb
Format : .pdf


Prakata


Kritik Kritis, betapa pun ia menganggap dirinya lebih ungggul (su- perior) daripada massa, menaroh kasihan yang tak-terhingga pada massa itu. Dan karena Kritik telah begitu mengasihi massa itu sehingga ia mengirim anak-puteranya yang satu-satunya, agar semua orang yang percaya padanya tidak akan hilang, melainkan agar mereka mendapatkan kehidupan Kritis. 

Kritik dijadikan massal dan tinggal di tengah kita dan kita melihat kemuliaannya, kemuliaan dari satu-satunya yang dilahirkan oleh sang bapak. Dalam kata-kata lain, Kritik menjadi sosialistik dan berbicara tentang karya-karya mengenai pauperisme. 

Ia menganggap bukan suatu kejahatan untuk menyamai Tuhan tetapi mengosongkan dirinya dan mengambil bentuk seorang penjilid-buku dan bahkan merendahkan diri pada omong-kosong, ya, bahkan pada omong-kosong Kritis dalam bahasa-bahasa asing. 

Ia, yang kesucian keperawanannya yang surgawi enggan bersentuhan dengan massa berkusta yang penuh dosa, mengatasi dirinya sendiri hingga sejauh memperhatikan Boz dan “semua penulis asli tentang pauperisme” dan “selama bertahun-tahun selangkah-demi-selangkah mengikuti keluhan abad”; ia mencemooh penulisan untuk para ahli, ia menulis untuk khalayak-umum, melarang semua ungkapan serba-luar-negeri, semua “keruwetan Latin, semua bahasa profesional.” 

Ia melarang semua karya pihak-pihak “lain,” karena akan terlalu banyak yang akan dituntut dari Kritik untuk tunduk pada “pengaturan itu.” Walaupun begitu ia untuk sebagian menolak dengan ketenangan menakjubkan, kalaupun bukan kata-kata itu sendiri, sekurang-kurangnya isinya. 

Dan siapa yang akan menegurnya karena menggunakan “sejumlah besar kata-kata asing yang tidak-mengerti” manakala ia berulang-ulang membuktikan bahwa ia sendiri tidak mengerti kata-kata itu?


***




Download ebook gratis dan selamat menikmati kawan. Ini hanyalah review, belilah buku aslinya dan nikmati karya penulisnya dengan cerdas. Karena bagaimana pun, menikmati suatu karya tulisan lebih nikmat jika membaca langsung dari bukunya. Terima kasih sudah berkunjung.





sumber gambar : https://scontent-sea1-1.cdninstagram.com/vp/9311e47e4f063002c1f6a9137c9d1f3a/5BFAB197/t51.2885-15/e35/c202.0.675.675/s480x480/21147705_1358006904297569_7186695289506365440_n.jpg

No comments:

Post a Comment