Download Buku Konflik Bersejarah - Lembah Kematian




Identitas Buku

Judul: Konflik Bersejarah - Lembah Kematian
Penulis: Nino Oktorino
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Terbit: 2014
Jumlah hlm. ebook: 203 hlm.
Ukuran: 4,41 mb
Format: .pdf

Sepatah Kata

Pertempuran Dien Bien Phu merupakan puncak dari konfrontasi Perang Indocina Pertama (1946–1954) antara Prancis dan kaum revolusioner komunis-nasionalis Vietminh. Pertempuran yang terjadi antara bulan Maret hingga Mei 1954 itu merupakan penyebab berakhirnya ke kuasaan Prancis di Indocina.

Beberapa sumber sejarah menyebut Dien Bien Phu sebagai ”Pispot” karena benteng pertahanan tersebut berada di sebuah lembah yang dikelilingi perbukitan yang lebih tinggi. Komando tertinggi Prancis menganggapnya sebagai suatu penghalang strategis untuk mencegah kaum revolusioner Vietminh memperluas jangkauannya ke wilayah Laos. 

Bagi banyak pengamat militer sezaman para jenderal Prancis dan Amerika Serikat yang pernah menginspeksinya, pandangan itu tidak berlebihan.

Sekalipun dikelilingi perbukitan, pertahanan Prancis di Dien Bien Phu tampak kuat. Satu atau dua kubunya terlihat lebih kuat dibandingkan yang lainnya tetapi semuanya kelihatan kokoh, dibentengi dengan baik, sementara ”kamp berkubunya” diperkuat dengan meriam-meriam, tank-tank, dan bahkan sebuah unit pesawat pemburu-pembom di landasan udaranya.

Di awal pendiriannya, Dien Bien Phu telah menjadi sebuah tempat yang terus-menerus bergerak saat para prajurit Prancis menduduki posisi-posisi baru dan melakukan operasi-operasi anti-gerilya ke pedalaman kawasan itu. 

Namun sejak tahun 1954, orang-orang yang terlibat dalam petualangan di Dien Bien Phu, bersama-sama para sejarawan, pejabat, pengamat militer, dan publik telah bergumul untuk memperoleh jawaban mengenai apa yang terjadi di sana dan mengapa hal itu sampai terjadi.

Prancis memiliki sebuah tentara Barat yang memiliki komunikasi canggih dan perbekalan yang melimpah. Garnisun di Dien Bien Phu mempunyai meriam-meriam terbesar dan tank. Prancis juga memiliki sebuah angkatan udara yang dapat menyerang garis perbekalan Vietminh maupun memberikan dukungan udara bagi garnisun Dien Bien Phu. 

Mereka pun dapat menguraikan pesan- pesan rahasia Vieminh. Selain itu, Dien Bien Phu juga dipertahankan oleh pasukan para elite dan Legiun Asing Prancis yang tersohor. Lalu, mengapa mereka bisa menderita kekalahan?





Silakan Download Buku Gratisnya DI SINI




Download ebook gratis dan selamat menikmati kawan. Ini hanyalah review, belilah buku aslinya dan nikmati karya penulisnya dengan cerdas. Semoga dunia literasi serta minat baca di negeri kita senantiasa meningkat dan membaca akan menjadi hobi populer yang diminati semua kalangan suatu saat nanti. Salam literasi!



---
sumber gambar: https://scoopadm.apps-foundry.com/ebook-covers/18997/big_covers/ID_EMK2014MTH10KBLKTKPDDBP_B.jpg

0 Response to "Download Buku Konflik Bersejarah - Lembah Kematian"