Saturday, 12 January 2019

Resensi Buku L. Santoso A. Z. - Para Penggerak Revolusi




Identitas Buku 

Judul Resensi: Mengenal Arus Sejarah dan Pemikiran Tokoh Revolusi Dunia 
Judul Buku: Para Penggerak Revolusi 
Penulis: L. Santoso A. Z. 
Penerbit: Laksana 
Terbit: 2017 
Tebal: 528 hlm; 14 x 20 cm 
ISBN: 978-602-407-124-0 
Jenis Buku: Nonfiksi, Sospol 
Harga: Rp 76.000,- 

Ulasan 


"Langit tidak menciptakan seseorang dengan harkat di atas atau di bawah orang lainnya.
-Fukuzawa Yukichi-
(Kutipan Isi Buku di Halaman: 192) 


Banyak buku yang menceritakan tentang pergerakan revolusi di dunia, dan buku ini merupakan salah satunya. Bagi saya, L. Santoso A. Z. sudah sangat berjasa karena telah menulis buku dalam Bahasa Indonesia yang sangat dibutuhkan oleh pecinta sejarah, terutama untuk kaum millenial saat ini. 

Penulis muda asal Lampung ini cukup lihai merangkai kata dengan baik untuk menyampaikan isi buku yang tergolong berat namun dengan cara yang menyenangkan. Selain buku ini, ada beberapa buku yang telah ditulis, di antaranya ialah Jagalah Lisanmu (PIM, 2008), Kebangkitan Indonesia (Iboekoe, 2008), Menuju Indonesia Masa Depan (LeSAN, 2008), Buku Pintar Kenegaraan (Ekspresi, 2010), Hukum Perjanjian dan Kontrak (Pinus, 2010), Sutan Sjahrir (Palapa, 2014), Jenderal-Jenderal yang Mempengaruhi Sejarah Dunia (Palapa, 2014), dan masih banyak lagi. 

Untuk riwayat pendidikan dari penulis, cukup menarik. Diawali dengan menyelesaikan pendidikan di madrasah ibtidaiyah hingga madrasah aliyah di kota kelahirannya. Ia lalu berhijrah ke Yogyakarta tahun 2005 untuk studi di Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Yogyakarta dan lulus pada 2009. 

Tahun 2010, ia melanjutkan studi Hukum pada Program Pascasarjana Fakultas Hukum UII, Yogyakarta dan lulus tahun 2012. Saat ini (ketika buku ini terbit), ia sedang menempuh Program Pascasarjana UGM Yogyakarta. 

Aktivitas kepenulisan ia tekuni sejak remaja hingga berbagai tulisannya menghiasa media massa. Pada tahun 2008, ia bersama rekan satu timnya melakukan sebuah penulisan proyek sejarah, yakni Kronik Seabad Kebangkitan Nasional. Dengan adanya hal tersebut tak perlu diragukan lagi untuk karyanya mengenai sejarah, bukan? 

Jika kita lihat dari isi buku, penulis telah berhasil menyampaikan pesan kepada pembaca dengan baik. Pembaca tidak dibuat jenuh dengan terlalu banyaknya teori tentang revolusi. Tapi, kita dibawa oleh penulis seolah merasakan hidup di zaman para penggerak revolusi. 

Tak luput, di setiap permulaan bab kita akan disuguhi kutipan-kutipan menyentuh maupun menggelorakan semangat dari tokoh revolusi yang akan dibahas dalam bab tersebut. Lengkap sudah, penulis berhasil membangun romantika pergerakan kepada para pembacanya. 

Bagi sobat pancarobaku yang sedang memulai untuk menjadikan membaca sebagai hobi baru, buku ini patut untuk dicantumkan dalam salah satu list buku yang perlu untuk sobat baca. Terutama bagi sobat yang suka akan buku sejarah, buku pergerakan maupun buku tentang sosial politik. 

Walaupun buku ini termasuk buku yang cukup tebal, namun saya kira sobat akan membaca buku ini sampai habis tanpa merasa jenuh. Karena di setiap babnya, terdapat latar belakang dan pesan yang berbeda-beda. 

Untuk bagian fisik buku, saya rasa sudah mendekati sempurna. Terutama untuk cover buku yang sangat elegan dan menarik. Selain dilengkapi dengan latar belakang lukisan tentang kisah Revolusi di Perancis, bagian belakang cover buku juga menampilkan kutipan-kutipan para tokoh yang akan dibahas dalam buku tersebut. 

Menambah rasa penasaran pembaca tentunya. Kertas yang digunakan buku ini ialah kertas kuning yang memberikan keyamanan bagi para pembacanya. Untuk bagian isinya, alur cerita yang dibangun sangat baik dan kami merekomendasikan buku ini untuk dibaca hingga tamat. Kita dapat mempelajari berbagai macam sejarah dunia lewat buku ini. 

Tak lupa, ada satu bab yang membahas kedekatan antara tokoh bangsa kita dengan pergerakan dari bangsa lain, loh. Sobat tentu penasaran, bukan? Itulah sebabnya kami menyarankan sobat untuk membaca buku ini sampai habis, karena banyak kejutan yang tak terduga di baliknya. 

Secara fisik dan non-fisik, buku ini minim kekurangan. Kesalahan penulisan kata pun jarang ditemukan. Namun, ada beberapa kalimat dalam halaman tertentu (bukan dalam jumlah yang banyak) yang tidak ada spasinya. 

Untung saja masih bisa dimengerti maknanya. Selain itu, alangkah baiknya bila pembahasan dari tiap tokoh dilengkapi lagi. Ada tokoh yang diulas sangat dalam namun di lain sisi ada tokoh yang menurut saya masih nanggung pembahasannya. 

Sehingga, terkadang saya harus mencari sendiri di media online atau sumber buku lainnya terkait dengan tokoh tersebut. Namun, setelah saya pahami, mungkin penulis tidak ingin pembacanya dibuat jenuh dengan pembahasan tokoh yang itu-itu saja. Terlalu dalamnya pembahasan dari tiap tokoh tentu akan menambah tebalnya buku ini. 

Dan saya rasa penulis ingin kita melengkapi tulisannya dengan persepsi maupun pencarian kita sendiri atas tokoh yang dijelaskan dalam bukunya tersebut. Selebihnya, saya rasa buku ini sudah layak untuk dibaca siapapun yang ingin mengenal lebih dalam akan makna revolusi dan perkembangannya di dunia. 

Dengan adanya kekurangan dalam buku ini, tidak lantas menjadi pengaruh berkurangnya kelayakan buku ini untuk dibaca sobat sekalian. Justru, dengan melihat kelebihan buku ini, menjadikannya patut untuk dipelajari dan diterapkan ilmunya. Dapat saya simpulkan, buku ini adalah buku yang tepat bagi sobat terutama yang memang sedang hobi menikmati buku-buku sosial politik. 

Sekian resensi buku Para Penggerak Revolusi karya L. Santoso A. Z. Mohon maaf bila ada kesalahan, terima kasih sudah mampir. Nantikan resensi buku berikutnya. 


--- 
sumber gambar: dok. pribadi

No comments:

Post a Comment