Sunday, 6 October 2019

Download Majalah Tempo - Pengakuan Algojo 1965




Identitas Buku

Judul : Pengakuan Algojo 1965
Majalah : Tempo
Jumlah hlm. ebook : 72 hlm
Format : .pdf
Ukuran : 11 mb
Via : Google Drive



Sepatah Kata 

Kebijakan pemberantasan orang-orang PKI dan para simpatisannya menyulut api pembunuhan yang membakar Jawa dan Bali, dan terus menyebar ke daerah lain.

Algojo bermunculan. Atas nama dendam pribadi, keyakinan, atau tugas negara, para algojo menghunus pedang menyembelih mereka yang dicap PKI.

Mayat mereka dibuang begitu saja ke jurang, sungai, atau luweng. Mengapa para pelaku tak merasa bersalah atas perbuatannya?

Buku ini mencoba melihat peristiwa 1965 dari perspektif para algojo tanpa niat membuka aib atau menyudutkan para pelaku.

Politik Indonesia pada masa itu sangat kompleks. Menjelang tragedi September, konflik PKI dan partai politik lain memanas. PKI, yang merasa di atas angin, menekan penduduk yang tidak sealiran.

Ketika keadaan berbalik, luapan pembalasan tak terkendali. Pembunuhan direstui oleh sesepuh masyarakat dan tokoh agama. Masa 1965-1966 tak bisa dinilai dengan norma dan nilai-nilai masa kini.

Membaca sejarah kelam Indonesia pada masa itu hanya dapat dilakukan dengan memperhatikan konteks sosial-ekonomi pada masa itu pula.

Perlu dipahami, bahwa tujuan pancarobaku di sini untuk mengajak sobat merefleksikan kembali atas peristiwa yang pernah terjadi di negeri kita ini.

Bukan terfokuskan pada sudut pandang mana yang kami ambil, hanya ingin menyampaikan bahwa entah siapapun orangnya, dimanapun tempatnya dan kapanpun kejadiannya, setiap manusia memiliki hak untuk hidup. Sekalipun jika harus direnggut dengan pidana mati, tentu harus melalui alur yang jelas.

Semoga kelak, kita semua sebagai generasi penerus tidak mengalami hal yang serupa. Dan hal ini menjadi suatu pembelajaran bagi kita semua. Mari ambil apinya, jangan abunya.

***





Download ebook gratis dan selamat menikmati kawan. Ini hanyalah review, belilah buku aslinya dan nikmati karya penulisnya dengan cerdas. 

Karena bagaimana pun, menikmati suatu karya tulisan lebih nikmat jika membaca langsung dari bukunya. Jika ada hal yang ingin disampaikan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. 

Terima kasih sudah berkunjung.


___
sumber gambar :
https://i.gr-assets.com/images/S/compressed.photo.goodreads.com/books/1383615505l/18636869.jpg

No comments:

Post a Comment