_____

Sunday, 17 November 2019

Download Buku Dede Mulyanto - Marxisme dan Evolusi Manusia




Identitas Buku

Judul : Marxisme dan Evolusi Manusia
Penulis : Dede Mulyanto
Penerbit : Ultimus & IndoProgress
Jumlah hlm. ebook : 140  hlm.
Terbit : Desember 2016
Format : .pdf
Ukuran : 1 mb
Via : Google Drive


Sepatah Kata

Pada bulan Juni 1988, seorang buruh pabrik bernama Ida Irianti membacakan pembelaannya di hadapan meja hijau, setelah dikenakan pasal-pasal penghinaan dan perbuatan tak menyenangkan yang, menurut tuduhan, dilakukannya dalam aksi mogok yang dipimpinnya.

Ia merupakan buruh pertama yang dituntut setelah pemerintah Orde Baru memberlakukan Undang-Undang Pokok Tenaga Kerja tahun 1969 dengan tandatangan Presiden Republik Indonesia, Soeharto, Jenderal TNI, dan pengesahan oleh Sekretaris Negara Alamsyah, Mayor Jenderal TNI.

Kata-kata kunci dalam pembelaannya terdapat dalam pernyataannya sebagai wakil buruh:

"Dari dulu sampai hari ini, yang kami tuntut amat sederhana. Kami ingin dianggap sebagai manusia" 

Tentu saja, pada tahun 1988, istilah "buruh" umumnya sudah tidak dipakai, dan Ida mengidentifikasi diri dan kelompoknya sebagai "pekerja," sementara UU No.14/1969 juga tidak menggunakan kata yang terlalu sarat perjuangan itu.

Namun, pernyataan Ida mengarahkan perhatian kita pada kekerasan epistemik yang tersurat dan tersirat dalam UU yang mereduksi manusia menjadi "tenaga kerja" sejak lahir hingga ia mati.

Seharusnya tidak janggal apabila sebuah produk hukum yang dihasilkan rejim yang sebelumnya sudah membersihkan Indonesia dari pemikiran Marxis, memilih untuk menggunakan istilah "tenaga kerja" ini secara amat lentur: kadang-kadang dapat diartikan sebagai "angkatan kerja" (labuor force) kadang-kadang merujuk pada individu konkrit (misalnya, "Setiap tenaga kerja bebas memilih"), dan kadang-kadang sesuai istilah "labour power" yang merupakan konsep penting dalam pikiran Marxis, yang oleh Engels dikembangkan sebagai dasar konsep komoditas dalam kapitalisme.

Penjelasan yang saya kutip di atas, menunjukkan betapa kapitalisme telah meniadakan kemanusiaan dari tenaga kerja: dehumanisasi bukan sesuatu yang disebabkan materialisme dialektis Marxisme melainkan gejala yang diidentifikasi oleh Marx dan Engels dalam sistem pasar tenaga kerja kapitalis yang ditandai alienasi.


***




Download ebook gratis dan selamat menikmati kawan. Ini hanyalah review, belilah buku aslinya dan nikmati karya penulisnya dengan cerdas. 

Karena bagaimana pun, menikmati suatu karya tulisan lebih nikmat jika membaca langsung dari bukunya. Jika ada hal yang ingin disampaikan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. 

Terima kasih sudah berkunjung.


___


sumber gambar :
https://image.slidesharecdn.com/dede-mulyanto-marxisme-dan-evolusi-manusia-170831035935/95/marxisme-dan-evolusi-manusia-dede-mulyanto-1-638.jpg?cb=1504152007

No comments:

Post a Comment