Minggu, 26 Januari 2020

Arti Lambang Garuda Pancasila


Lambang Garuda Pancasila sudah lama hidup bersama dengan masyarakat Indonesia. Lambang ini pun diadaptasi menjadi berbagai hal yang sangat dekat dengan kita. Mulai dari lagu pop yang bertemakan nasionalis bahkan hingga lambang dari timnas sepakbola yang sempat mengundang kontroversi. Namun  di balik itu semua apakah kamu tahu makna dari Lambang Garuda Pancasila ini? Simak dulu fakta menarik yang kami sajikan.

Garuda Pancasila merupakan lambang negara bangsa Indonesia.
Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) no 43 Tahun 1958 yang mengatur tentang penggunaan lambang negara. Ternyata, di dalam peraturan itu juga dibahas secara detail apa saja yang diperbolehkan maupun tidak diperbolehkan dalam menggunakan lambang negara ini. Oh ya, sekarang kamu memiliki uang receh? Ya, di sakumu ada lambang negara!

Garuda Pancasila yang menoleh ke kanan.
Pernahkah kamu berpikir kenapa lambang burung Garuda Pancasila menoleh ke kanan? Dalam berbagai paham, kanan menyimbolkan suatu kebaikan dan kebenaran. Apabila kita telisik lebih dalam, hal ini juga diambil dari nilai kebudayaan yang hidup di masyarakat. Dalam suatu pergelaran wayang saja kita dapat melihat jika tokoh baik akan ditempatkan di sebelah kanan dan sebaliknya. Ini juga menjadi suatu harapan agar Bangsa Indonesia senantiasa  mengarah kepada kebaikan dan kebenaran.

Semboyan Bhineka Tunggal Ika.
Apakah kamu memerhatikan hal yang sama denganku? Ya. Burung Garuda mencengkram sebuah gulungan bertuliskan moto negara Indonesia Bhineka Tunggal Ika. Itu artinya Kesatuan dalam keberagaman, meskipun berbeda namun tetap satu jua. Bukankah sebuah taman bunga akan tampak lebih indah jika terdapat berbagai macam bunga yang mekar indah berwarna-warni? Jika hanya serupa tentu akan monoton adanya. Semoga perbedaan yang ada membawa kita pada keindahan dan kedamaian.

Warna Keemasan.
Hal ini melambangkan keagungan dan kejayaan. Warna emas memang sudah lama melambangkan keagungan dan kejayaan selain warna hijau.

Paruh, Sayap, Ekor dan Cakar.
Empat hal di atas melambangkan suatu kekuatan dan tenaga pembangunan.



Jumlah Bulu
17 helai di masing-masing sayap. 8 helai pada ekornya.
19 helai di bawah perisai atau pada pangkal ekor.
45 helai di bagian leher.

Jika kita sambungkan dari keseluruhan jumlah helai bulu yang ada, maka akan terbentuklah hari proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan tepat pada tanggal 17 Agustus 1945.

Perisai di Garuda Pancasila
Dalam perisai yang menjadi tameng bagi Garuda Pancasila, Di sana ada lambang yang mewakili dari Pancasila itu sendiri.
Bintang melambangkan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa.
Rantai melambangkan prinsip Kemanusiaan yang adil dan beradab.
Pohon Beringin adalah prinsip Persatuan Indonesia.
Kepala Banteng melambangkan prinsip demokrasi yang dipimpin oleh kebijaksaan dalam permusyawaratn perwakilan.
Padi dan Kapas melambangkan sila keadialan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Demikian sedikit informasi dari kami. Semoga kamu suka dan menikmatinya.
Sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam liteasi!

0 komentar

Posting Komentar