Pancarobaku

Literasi Tak Akan Mati

Terima kasih atas 1.500.000 kunjungan darimu, sobat. Pancarobaku resmi kami tutup. Mari pindah mari berbenah. Kita buka lembaran baru di www.pustakaindo.com

Copyright © Pancarobaku | Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger
Design by WebSuccessAgency | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com

Visitor

Rabu, 29 Januari 2020

Arti Lambang Gerakan Pramuka



Salam Pramuka. Kali ini kami akan membahas tentang arti dan makna dari lambang gerakan pramuka. Buat kalian yang mungkin sedang mencari untuk tugas atau ingin bernostalgia, yuk kita simak dulu beberapa infonya.

Lambang Gerakan Pramuka adalah tunas kelapa. Lambang Pramuka merupakan simbol atau tanda pengenal untuk organisasi gerakan pramuka yang bersifat tetap. Lambang ini dibuat oleh seorang pegawai Departemen Pertanian, beliau juga merupakan seorang tokoh pramuka yakni Soenardjo Atmodipurwo.

Lambang pramuka ini pertama kalinya digunakan tepatnya pada tanggal 14 Agustus 1961, yaitu pada saat Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno memberikan panji Gerakan Pendidikan Kepanduan nasional Indonesia kepada organisasi Gerakan Pramkua melalui keputusan Presiden Republik Indonesia No. 448 tahun 1961.


Arti dan makna lambang pramuka dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Buah Kelapa atau Nyiur dalam Keadaan Tumbuh
Ornamen ini memiliki makna “cikal”. Makna buah kelapa atau nyiur yang sedang tumbuh secara istilah memiliki arti “cikal bakal” di Indonesia yang berarti: “penduduk asli pertama Indonesia yang menurunkan generasi baru”. Jadi, buah kelapa atau nyiur dalam keadaan tumbuh dapat disimpulkan dengan makna yaitu sebagai usur utama kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

2. Buah Kelapa Dapat Bertahan Lama dalam Kondisi Apapun
Kita semua tahu jika buah kelapa dapat bertahan lama dalam kondisi apapun dan dalam hal ini mengkiaskan bahwa anggota pramuka adalah sosok dari seorang yang memiliki jasmani dan rohani yang kuat, ulet, sehat serta memiliki tekad yang besar dalam menghadapi segala rintangan yang ada.

3. Buah Kelapa atau Nyiur Bisa Tumbuh Dimana Saja
Hal ini menandakan bahwa besarnya daya serta upaya dalam penyesuaian diri dengan lingkungan sekitarnya (kemampuan beradaptasi). Jadi Lambang pramuka ini melambangkan, bahwa setiap anggota pramuka dapat beradaptasi dalam masyarakat dimanapun dan kapanpun dia berada serta dalam situasi apapun.

4. Buah Kelapa atau Nyiur Tumbuh Menjulang Lurus Ke Atas
Pohon kelapa adalah salah satu pohon tertinggi yang ada di Indonesia. Hal ini dapat kamu temui bahkan di depan rumahmu bukan? Berdasarkan hal itu, lambang Pramuka memiliki arti bahwa setiap anggota diharapkan memiliki atau mempunyai cita-cita yang lurus dan tinggi. Cita-cita yang mulia dan jujur serta ia dapat tetap berdiri tegak dan tidak mudah diombang-ambingkan oleh apapun. Pada intinya harus memiliki tekad yang bulat.

5. Akar Kelapa atau Nyiur Tumbuh ke Dalam Tanah dan Kuat
Jadi lambang Pramuka ini memiliki arti, bahwa tekad dan keyakinan seriap anggota pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan yang benar, baik, kuat dan nyata, merupakan tekad dan keyakinan yang digunakan olehnya untuk memperkuat dirinya agar dapat mencapai cita-citanya.

6. Pohon Kelapa Adalah Jenis Pohon yang Serbaguna
Kamu tentu pernah mendengar jika pohon kelapa itu memiliki fungsi mulai dari ujung hingga akarnya. Dari hal ini dapat diartikan bahwa Lambang Pramuka memiliki arti setiap anggota pramuka merupakan seseorang yang dapat berguna dan mau membaktikan dirinya untuk kepentingan tanah air, agama, bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia.

Demikian artikel tentang arti dan makna dari lambang gerakan pramuka. Semoga kamu bisa mendapatkan informasi yang berguna ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam literasi!

0 komentar

Posting Komentar