Selasa, 07 Januari 2020

Download Buku Pengantar Hukum Indonesia - Ratna Artha Windari



Identitas Buku

Judul: Pengantar Hukum Indonesia
Penulis: Ratna Artha Windari
Penerbit: Rajawali Pers
Jumlah hlm. ebook: 332 hlm.
Format: .pdf
Ukuran: 3 mb
Via: Google Drive


Sepatah Kata

Manusia dan hukum adalah dua entitas yang tidak bisa dipisahkan. Bahkan dalam ilmu hukum, terdapat adagium yang berbunyi: “Ubi societasibi ius” (di mana ada masyarakat di situ ada hukumnya). 

Artinya bahwa dalam setiap pembentukan suatu bangunan struktur sosial yang bernamamasyarakat, maka selalu akan dibutuhkan bahan yang bersifat sebagai“perekat” atas berbagai komponen pembentuk dari masyarakat itu, dan yang berfungsi sebagai “perekat” tersebut adalah hukum.


Hukum adalah himpunan peraturan-peraturan yang mengatur kehidupan bermasyarakat, dibuat oleh lembaga yang berwenang dan bersifat memaksa serta berisi perintah dan larangan yang apabila dilanggar akan mendapat sanksi. 


Hukum sangat dibutuhkan dalam pergaulan hidup,di mana fungsinya adalah memperoleh ketertiban dalam hubungan antar manusia, menjaga jangan sampai seseorang dapat dipaksa oleh orang lain untuk melakukan sesuatu yang tidak sesuai kehendaknya, dan lain-lain. 


Tetapi ada faktor lain selain tata tertib yang terdapat pada hukum yaitu keadilan,suatu sifat khas pada hukum yang tidak terdapat pada ketentuan-ketentuan lainnya yang bertujuan untuk mencapai tata tertib. 


Dalam hubungan hukum dan negara, baik hukum maupun negara muncul dari kehidupan manusia karena keinginan batinnya untuk memperoleh tata tertib.

***





Download ebook gratis dan selamat menikmati kawan. Ini hanyalah review, belilah buku aslinya dan nikmati karya penulisnya dengan cerdas. 

Karena bagaimana pun, menikmati suatu karya tulisan lebih nikmat jika membaca langsung dari bukunya. Jika ada hal yang ingin disampaikan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. 

Terima kasih sudah berkunjung.


___________
sumber gambar :
Dokumen Pribadi

0 komentar:

Posting Komentar