Rabu, 19 Februari 2020

Cerita Anak - Seekor Anjing, Ayam Jantan dan Rubah



Selamat malam sobat Pancarobaku. Kali ini kami ingin berbagi cerita fabel dari Aesop kembali. Cerita tentang seekor anjing, ayam jantan dan rubah. Cerita ini tidak begitu panjang namun saya harap kamu dapat menyukainya. Selamat menikmati!

Seekor anjing dan seekor ayam jantan yang sudah lama berteman, memiliki suatu mimpi yang besar. Mereka berharap suatu saat nanti dapat berkeliling dunia dan menemukan petualangan baru. Mereka pun memutuskan untuk meninggalkan tanah pertanian dan melakukan perjalanan keliling dunia melalului sebuah jalan yang menuju ke hutan. Kedua sahabat itu lantas berjalan bersama diiringi semangat namun sejauh ini belum menemui petualangan seperti yang mereka sering bicarakan.

Malam hari pun tiba. Ayam jantan, mencari tempat untuk bertengger seperti kebiasaannya. Kebetulan dia melihat sebuah pohon yang berlubang dan sangat baik untuk dijadikan tempat menginap. Anjing dapat menyelinap ke dalam lubang pohon tersebut sedangkan ayam dapat terbang ke atas salah satu dahan pohon tersebut untuk bertengger di sana. Keduanya lalu tertidur dengan nyenyak di pohon tersebut.

Disaat fajar mulai menyingsing, ayam jantan pun terbangun dan sejenak dia lupa dimana dia berada. Dia mengira dirinya masih di tanah pertanian dan harus membangunkan seisi rumah pada pagi hari sesuai dengan rutinitasnya. Ayam jantan itu lantas mengepakkan sayapnya dan berkokok dengan semangat. Tetapi bukannya petani yang dibangunkannya melainkan seekor rubah yang tidur tidak jauh dari pohon. Rubah tersebut dengan cepat melihat ke arah ayam tersebut dan berpikir bahwa dia mendapatkan sarapan pagi yang sangat lezat. Dengan cepat dia mendekati pohon dimana ayam jantan bertengger, dan berkata dengan sopan:

"Selamat datang di hutan kami, tuanku yang agung. Saya tidak dapat berbicara bagaimana senangnya saya bertemu dengan Anda di tempat ini. Saya merasa yakin bahwa kita akan menjadi teman baik."

"Saya merasa tersanjung, tuan yang baik." kata ayam jantan tersebut dengan malu-malu.

"Jika kamu memang mau, pergilah ke pintu rumahku di bawah pohon ini, pelayanku akan membiarkan kamu masuk."

Rubah yang sedang lapar tak mencurigai perkataan dari ayam jantan dan segera bergegas masuk ke arah lubang di bawah pohon. Namun dalam sekejap anjing yang tadinya tidur di dalam lubang pohon itu segera menyergapnya.

Pelajaran yang dapat kita petik dari cerita ini adalah siapa yang menipu, akan menerima akibatnya sendiri. Lantas mari kita senantiasa berbuat jujur dan jangan menipu orang lain ya kawan.

Demikian sedikit cerita yang dapat kami sampaikan, semoga kamu dapat terhibur. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel kami berikutnya!

0 komentar

Posting Komentar