Pancarobaku

Literasi Tak Akan Mati

Terima kasih atas 1.500.000 kunjungan darimu, sobat. Pancarobaku resmi kami tutup. Mari pindah mari berbenah. Kita buka lembaran baru di www.pustakaindo.com

Copyright © Pancarobaku | Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger
Design by WebSuccessAgency | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com

Visitor

Minggu, 16 Februari 2020

Mengapa Bangsa Indonesia Harus Mempunyai Wawasan Nasional?


Mengapa Bangsa Indonesia Harus Mempunyai Wawasan Nasional?

Wawasan Nasional atau yang sering kita jumpai dengan istilah Wawasan Nusantara memanglah memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas dari suatu negara. Disampaikan oleh S. Sumarno pada tahun 2005 menjelaskan bahwa Wawasan Nusantara pada dasarnya merupakan cara pandang terhadap bangsa itu sendiri. Kata “wawasan” berasal dari kata “wawas” yang bearti melihat atau memandang (S. Sumarsono, 2005).

Jadi pada dasarnya Bangsa Indonesia harus memiliki pandangan yang luas dalam melihat dirinya sendiri menggunakan kacamata nasional secara keseluruhan. Tidak lagi hanya berpaku pada sisi kedaerahan saja. Dan pada kelanjutannya kita dapat mengkaji lebih dalam hakikat dari sebuah negara serta kedaulatan yang dimiliki atas wilayahnya.

Saya akan mengambil dari aspek sosial budaya. Jika Bangsa Indonesia memiliki wawasan nasional maka kita akan melihat segala keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia menjadi bahan yang sangat baik guna memandang (membangun wawasan) mengenai nusantara Indonesia. Kita akan memiliki pandangan bahwa keberagaman yang ada di Indonesia ini adalah suatu kekayaan yang dapat digunakan untuk membangun Indonesia secara bersama-sama. Menggapai tujuan nasional yang disepakati bersama dan penuh rasa solidaritas dalam mewujudkannya.

Dengan didasarkan pada Pancasila dan UUD 1945 maka wawasan nasional akan menjadi suatu sikap dan cara pandang dari Bangsa Indonesia untuk mengenali dirinya sendiri dan lingkungannya. Dalam hal ini tentu akan tetap mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah guna mencapai tujuan nasional.

Menurut Hildred Geertz sebagaimana dikutip Nasikun (1988), Indonesia mempunyai lebih dari 300 suku bangsa dari Sabang sampai Merauke. Angka yang sangat besar. Bagaimana jadinya jika suku bangsa yang ada di Indonesia ini tidak memiliki wawasan nasional? Maka akan menganggap bahwa perbedaan yang ada menjadi suatu penghambat bagi suku-suku itu untuk berkembang. Sebaliknya, jika kita memahami bahwa suku-suku yang ada tersebut saling menopang dan bekerja sama satu dengan lainnya dalam mewujudkan tujuan bersama maka banyaknya suku yang ada di Indonesia merupakan nilai lebih tersendiri yang kita miliki.

S. Sumarno menjelaskan bahwa Asas-asas Wawasan Nusantara antara lain sebagai berikut:

  • Kepentingan yang sama
  • Keadilan
  • Kejujuran
  • Solidaritas
  • Kerjasama
  • Kesetiaan
Jika semua itu terpenuhi, bukan menjadi suatu hal yang tidak mungkin lagi jika Indonesia akan tumbuh sebagai negara yang harmonis walau penuh dengan keberagaman di dalamnya.

Demikian sekilas informasi mengenai wawasan nasional maupun wawasan nusantara yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di artikel Pancarobaku selanjutnya!

0 komentar

Posting Komentar