Pancarobaku

Literasi Tak Akan Mati

Terima kasih atas 1.500.000 kunjungan darimu, sobat. Pancarobaku resmi kami tutup. Mari pindah mari berbenah. Kita buka lembaran baru di www.pustakaindo.com

Copyright © Pancarobaku | Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger
Design by WebSuccessAgency | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com

Visitor

Senin, 10 Februari 2020

Mengenal Tombol Plasebo. Tombol Ilusi Tak Berfungsi

Dunia ini dipenuhi dengan tombol-tombol yang kelihatannya berguna padahal sebenarnya tidak sama sekali. Dan tidak hanya tombol ada juga segala macam benda yang tidak jelas manfaatnya. Apakah kamu menyadari itu Sobat Pancarobaku?

Mari kita simak beberapa hal yang mungkin baru kamu ketahui.



1. Tombol Penyeberangan Pejalan Kaki
Jika kamu tinggal di kot besar, kamu mungkin pernah melihat tombol-tombol ini dipasang tepat di bawah papan besar bertuliskan tekan tombol dan tunggu sampai lampu hijau atau semacamnya. Apakah kamu sering menunggu dengan menekan tombol tersebut? Ya, sama denganku! Meskipun terkadang itu tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya.

Namun, mungkin saja tombol itu ternyata berfungsi. Tetapi otoritas transportasi terkadang sengaja mematikan fungsi tombol lalu lintas ini. Kita ambil contoh di New York misalnya. Ada 1000 tombol penyeberangan tapi saat ini hanya ada sekitar 100 tombol saja yang benar-benar berfungsi saat ditekan. Sisanya hanya menjadi hiasan.

Tombol-tombol itu sering disebut tombol plasebo karena hanya berfungsi menciptakan ilusi kontrol. Karena ketika kita menekan tombol, kita akan mengira akan terjadi sesuatu. Padahal sebenarnya kita tidak tahu bahwa prosesnya berjalan otomatis.

Tombol-tombol semacam itu memiliki efek psikologis yang penting. Melakukan sesuatu terasa lebih baik daripada gabut berdiam diri. Saat menekan tombol itu di tempat penyeberangan kita merasa lebih yakin bahwa lampu lalu lintas akan berubah menjadi hijau.

Beberapa tombol ini akan berfungsi, tapi kita tidak tahu pasti tombol mana tidak berfungsi. Jadi agar tidak merasa bodoh dengan hanya berdiri di sana dan menunggu, lebih baik kita menekan tombol itu. Lantas akan terbesit pertanyaan, mengapa tombol itu dimatikan?

Karena sistem lampu lalu lintas ternyata jauh lebih kompleks terutama di kota-kota besar. Saat berkemudi kamu mengamati terkadang kamu melewati green wave. Dimana semua lampu lalu lintas berturut-turut berwarna hijau sehingga memungkinkanmu untuk tetap melaju tanpa hambatan. Tentu ini yang sangat disenangi oleh banyak pengendara.

Ini terjadi jika kamu mematuhi batas kecepatan serta jika perjalananmu tidak mengalami hambatan. Seperti misalnya tempat penyeberangan yang ramai dan semerawut. Ya, aku jadi ingat ibukota. Tapi, jika tombol penyeberangan yang terpasang pada lampu lalu lintas dapat berfungsi, lampu bisa berubah kapan saja. Dan green wave pengemudi akan berakhir.

Jadi agar tidak mengganggu fungsi seluruh jaringan, banyak tombol kontrol lalu lintas berubah menjadi tombol plasebo.



2. Tombol Tutup Pintu Lift
Tidak semua tombol tutup pintu pada lift bekerja secara efektif. Sebagai contoh di Amerika Serikat tombol ini tidak berfungsi sama sekali. Pintu Lift akan tetap terbuka selama waktu yang sudah ditentukan. Meskipun tombol itu tetap kamu tekan berulang kali atau selama beberapa waktu. Hal ini dikarenakan ada Undang-Undang yang mengatu akan hal tersebut.

Undang-Undang Penyandang Disabilitas di Amerika Tahun 1990 menyatakan bahwa pintu lift harus tetap terbuka cukup lama bagi siapapun yang memiliki gangguan gerak. Baik itu kursi roda atau kruk agar dapat masuk tanpa kesulitan.

Mungkin naik tangga akan menjadi pilihan terbaikmu jika kamu terburu-buru. Tapi jika kamu tinggal di luar Amerika Serikat, kamu memiliki peluang yang besar untuk menjumpai tombol tutup pintu lift yang berfungsi sebagaimana mestinya. Di banyak negara, tidak ada peraturan ketat seperti itu. Sehingga lift yang pintunya akan benar-benar segera tertutup jika tombol tutupnya ditekan akan mudah ditemui.



3. Kontrol Termostat di Hotel dan Kantor
Sebagian besar gedung perkantoran memiliki sistem pemanas, ventilasi dan pendingin udara terpusat atau yang disebut HVAC. Dengan sitem terpusat ini kita tidak dapat benar-benar memengaruhinya darimana pun di luar pusat kendali. 

Secara umum termostat kantor memiliki 2 jenis. Plasebo Total dan Plasebo Sebagian. Pada Plasebo Total, apapun yang ditampilkan pada layar kecil itu semuanya bohong. Jika kamu tekan tombol itu sesukamu memang angkanya akan berubah, tapi suhunya akan tetap sama. Sementara pada termostat Plasebo Sebagian akan memiliki sedikit pengaruh. Suhunya dapat naik dan turun beberapa derajat tapi tidak akan berlebihan.

Kita ambil contoh, jika kamu menekan tombol untuk mengubah suhunya dari 23 derajat celcius dan turun hingga 16 derajat celcius, sebenarnya itu akan berhenti pada suhu sekitar 21 derajat celcius. Akan terdengar suara deru dari lubang angin dan mesin yang ada terlihat bergerak. Tanda ini dan sedikit penurunan suhu mengesankanmu seolah-olah kamu memegang kendali.

Saat kamu meyakini sesuatu telah berubah. Dan tubuhmu bereaksi sesuai dengan perubahan itu maka kamu terpengaruh oleh efek plasebo.

Hal yang sama juga berlaku di banyak hotel. Jika kamarmu dilengkapi dengan termostat, bisa dipastikan itu hanya menciptakan aktivitas yang tidak jauh berbeda. Sementara suhu kamar akan tetap sama meskipun kamu melakukan berbagai macam cara untuk mengubahnya.



4. Bilah Progres
Setiap kali mengunduh file dari internet atau memasang aplikasi baru di perangkatmu kamu akan meilhat bilah yang memberi tahu sisa waktu tunggumu. Mungkin kamu sering menjumpai bilah yang macet di 99 persen dalam waktu lama? Ya persis seperti apa yang terlihat.

Bilah progres terkadang memang tidak akurat. Salah satu kreatornya yaitu Brad A. Myers mengatakan bahwa bilah itu tak pernah dirancang untuk menunjukkan progres yang sebenarnya. Dulu tujuan utamanya untuk menenangkan pengunjung saja.

Menurut tes yang dilakukan oleh Myers bersama dengan timnya. Pengguna biasanya tidak ambil pusing jika bilah progres itu tidak berjalan dengan akurat. Pengunjung hanya menyukai hal yang menunjukkan adanya suatu kemajuan. Ketika tidak ada yang terjadi di layar, mereka akan merasa ada yang tidak beres atau merasa unduhan mereka tidak berjalan sama sekali. Itulah mengapa bilah progres diciptakan.



5. Penghitung Kalori pada Treadmill
Sungguh menyenangkan berlari di atas treadmill dan melihat kalori terbakar secara langsung. Namun, pembakaran ini mungkin tidak persis seperti apa yang diharapkan. Saat berlari tentu kita akan membakar kalori yang ada dalam tubuh. Tapi jumlah persisnya tergantung pada berbagai faktor. Seperti berat badan, kebugaran tubuh secara keseluruhan dan persentase lemak tubuh.

Sepertinya apa yang kamu lihat di layar adalah plasebo. Namun dalam hal ini tidak sepenuhnya sia-sia. Penghitungan kalori menunjukkan rata-rata pembakaran kalori yang bisa kamu dapatkan jika berat badanmu termasuk sedang. Penghitung ini hanya ada untuk meyakinkan bahwa kamu melakukan semuanya dengan benar. Inilah kelemahannya.

Meskipun kamu tidak melakukannya dengan benar, treadmill tidak akan memberi tahumu. Itu sebabnya tidak disarankan hanya bergantung pada mesin semata. Sewalah pelatih pribadi untuk hasil yang lebih baik.

Demikian sekilas informasi tentang tombol plasebo. Semoga kamu mendapatkan hal baru hari ini. Jangan lupa kunjungi Bright Side karena banyak hal lain yang dapat kamu temui di sana. Pancarobaku senantiasa menyarankanmu untuk mengunjungi channel youtube tersebut.

Sampai jumpa di artikel berikutnya dan panjang umur literasi!



____________________
Sumber:
Bright Side
Penulisan Gaya Pancarobaku

0 komentar

Posting Komentar