Senin, 17 Februari 2020

Tidur dan Segala Kebiasaan Buruk di Dalamnya



Menguncir Rambut Saat Hendak Tidur
Rebahan di tempat tidur setelah seharian berada di luar ruangan memang terasa menyenangkan. Sebelum tidur mungkin kamu memiliki kebiasaan rutin, seperti menguncir rambut jika rambutmu sudahlah panjang. Apakah kamu tahu? Kebiasaan ini memiliki lebih banyak mendatangkan bahaya dari pada manfaat.

Kamu yang memiliki rambut panjang mungkin beranggapan tidur dengan kuncir ekor kuda akan mencegah rambut kusut dan rusak. Namun justru kebiasaan ini dapat memicu rambutmu menjadi rontok dan bahkan bisa menyebabkan kondisi kesehatan yang buruk dimana kita akan mengalami kerontokan rambut bertahap.

Gejala awalnya, berupa benjolan kecil di kulit kepala yang seperti jerawat. Jika kamu tetap tidur dengan rambut dikuncir ketat, bisa saja saat bangun rambutmu semakin banyak yang rontok di atas bantal. Selain itu, penderita kondisi ini bisa mengalami gatal-gatal, kulit kepala kemerahan dan mengelupas. Namun, semua efek negatif itu akan lenyap jika kamu berhenti menguncir rambutmu sebelum tidur.

Tapi ingat, hal ini tidak hanya berlaku untuk kuncir ekor kuda saja. Gelung atau kepang ketat serta roll dapat membahayakan rambutmu. Jadi sebaiknya geraikan saja rambutmu saat hendak tidur.



Di malam hari rambutmu pantas untuk beristirahat, saat kamu banyak menatanya di siang hari. Agar rambutmu tidak menghalangi wajahmu saat tidur, coba tutup saja kepalamu dengan syal sutra, satin tipis atau gunakan topi tidur. Kamu pun akan terhindar dari rambut kusut dan patah saat kamu pecicilan di tempat tidur.

Selain kebiasaan untuk tidak mengucir rambut saat tidur,  kami punya beberapa hal lain yang mungkin penting untuk kamu ketahui. Mari kita simak informasinya.



Beranjak ke Tempat Tidur Saat Perut Lapar
Jika kamu sedang melakukan diet, kerap kali kamu akan memiliki prinsip bahwa kamu tidak akan makan apapun setelah waktu yang sudah kamu tentukan bukan? Ya, dalam hal ini kamu juga sedang menyiksa dirimu sendiri.

Tidur dengan perut kenyang memang kurang baik, begitu pun sebaliknya. Mengonsumsi camilan penuh protein dan serat sebelum tidur akan memacu metabolisme yang diperlukan oleh tubuhmu untuk mempertahankan berat badan yang seimbang.

Selain itu, jika tubuh tidak mendapatkan suatu energi sebelum istirahat, kadar insulin akan turun. Efeknya akan fatal bagi kalian yang menderita diabetes. Orang sehat pun bisa mengalami pening saat bangun.



Tidur Tengkurap
Tengkurap adalah posisi tidur yang terburuk. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan ketegangan saraf pada tulang belakang dan punggung. Otot pun tidak beristirahat saat kamu tidur. Akibatnya beberapa bagian tubuhmu akan merasa nyeri dan mati rasa. Belum lagi dengan masalah leher yang mungkin akan kamu jumpai. Karena lehermu akan terpelintir sepanjang malam tanpa kamu sadari.

Banyak dokter yang menganjurkan sebaiknya kita tidur dalam posisi terlentang atau miring. Ya, mungkin dalam beberapa ajaran agama pun memberitahukan akan hal ini. Jadi, apakah kamu akan tetap melanjutkan kebiasaan tidur tengkurapmu itu?



Mengecek Media Sosial
Saya dan kamu mungkin sulit untuk mengurangi kebiasaan ini. Gawai seakan memiliki magic yang menyebabkan kita penasaran untuk menyentuhnya sebelum kita tidur. Padahal tidak ada notifikasi apapun yang hadir di gawai kita. Lebih tepatnya saya.

Padahal, kebanyakan orang mungkin sudah tahu bahwa membawa gawai ke tempat tidur akan memperburuk kualitas tidur. Hal ini dikarenakan cahaya biru yang dipancarkan akan memperlambat produksi melatonin  atau hormon tidur. Selain itu, menatap layar ponsel membahayakan kesehatan mata. Cahaya biru dapat merusak sel-sel penangkap cahaya di retina. Mata akan semakin tegang jika kamu sedang berada dalam gelap. Ingat, kebiasaan ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan sebagian atau permanen.



Berolahraga
Jadwal yang padat dan tanggungjawab sehari-hari seringkali membuat waktumu terbatas. Sehingga kamu memilih berolahraga sesaat sebelum tidur. Meski kamu berusaha keras untuk menjaga tubuhmu tetap kuat dan langsing, siap-siap saja kamu akan mengalami kegagalan.

Latihan fisik yang keras akan membuatmu lebih waspada dan terjaga. Sehingga kamu akan kesulitan untuk tidur. Jika tidurmu kurang berkualitas, produksi hormon pembentuk otot akan menurun bahkan masa otot akan berkurang. Jadi jika kamu ingin tetap bugar, berlatihlah di pagi hari. Kamu juga dapat merasakan udara pagi yang lebih segar tentunya.




Tidak Melakukan Peregangan
Melewatkan latihan sebelum tidur, bukan berarti kamu harus absen dari semua kegiatan fisik. Peregangan ringan justru dapat membantumu mencegah kram kaki. Kram otot ini mungkin bisa saja sangat menyakitkan dan mengganggu.

Para ahli memang belum yakin dengan penyebab pasti dari kram otot ini. Untuk mengurangi resiko keram, mereka menyarankan peregangan otot secara teratur. Namun, jangan terlalu berlebihan ya, nanti kamu malah bisa mengalami cedera otot.

Demikian beberapa informasi yang dapat pancarobaku berikan. Semoga kamu dapat menemukan hal baru ya. Jangan lupa kunjungi brigthside untuk mendapatkan informasi lain dalam bentuk video yang mungkin sedang kamu butuhkan. Terima kasih sudah berkunjung dan selamat tidur!


______________________
Sumber:
Brightside dengan berbagai penyempurnaan

0 komentar

Posting Komentar